Senin, 02 Januari 2012

The Sound of Transformers: Transformers The Movie: The Original Motion Picture Soundtrack (1986)

Sukses sebuah film layar lebar pasti akan melahirkan sejumlah gimmick lain. Salah satunya album kompilasi soundtrack yang berisi lagu pengiring atau ilustrasi musik dalam film tersebut. Sebagian besar film layar lebar tentu saja ikut melahirkan kompilasi lagu-lagu yang terdapat dalam film tersebut ke dalam sebuah album, entah itu dalam bentuk CD ataupun media rekaman lainnya, tak terkecuali bagi trilogi Transformers The Movie, Revenge of The Fallen dan Dark of The Moon. Bagi beberapa fans anyar Transformers, tentu akan berkata bahwa album soundtracknya keren. Tapi tidak bagi penulis blog, yang kecewa dengan tiga album soundtrack trilogi Transformers the Movie.


Franchise Transformers bukan merupakan barang baru atau sebuah pop culture robot yang lahir di tahun 2007 (thanks Mr. Spielberg and Mr.Bay to bring our robot in disguise alive). Transformers adalah mahakarya tahun 1980-an. Menyusul sukses di season pertama dan kedua serial animasi Transformers di tahun 1980-an, pada tahun 1986 dibuatlah film layar lebar pertama bagi para robot ini dalam Transformers The Movie yang dirilis pada tanggal 8 Agustus 1986 dan sutradarai oleh Nelson Shin. Film berdurasi 84 menit ini bercerita tentang pertikaian Autobot dan Decepticons di masa depan (menurut film tersebut tahun 2005!). Dalam film yang memiliki rating Parental Guidance ini diperlihatkan bagaimana Optimus Prime gugur. Para Autobot yang tersisa berusaha mencari sosok pemimpin baru dan mereka harus menghadapi pemimpin baru Decepticons yaitu Galvatron dan juga ancaman dari Unicron. Tetapi soal ini kita kan bahas di lain waktu.

Transformers the Movie juga melahirkan album soundtrack. Album Transformers The Movie: The Original Movie Soundtrack, berisi 10 singles yang terdiri dari lagu pengiring dan ilustrasi musik yang semuanya diperdengarkan dalam film secara utuh! Musik heavy metal, hard rock dan diiringi dengan alunan synthesizer khas musik tahun 1980-an. Membuat album ini terasa klasik namun menarik. Inilah Soundtrack Transformers terbaik sepanjang masa. 

Berikut ini daftar lagu yang terdapat dalam album ini:
  1. The Touch   by  Stan Bush
  2. Instruments of Destructions  by  N.RG
  3. Death of Optimus Prime  by  Vince DiCola
  4. Dare  by  Stan Bush
  5. Nothin's Gonna Stand in Our Way by  Spectre General
  6. The Transformers Theme  by  Lion
  7. Escape  by  Vince DiCola
  8. Hunger  by Spectre General
  9. Autobot/Decepticons Battle  by  Vince Di Cola
  10. Dare to be Stupid   by "Wierd Al" Yankovic 
Lagu unggulan penulis blog adalah The Touch, yang menjadi lagu pengiring pada adegan dimana Optimus Prime seorang diri menantang para Decepticons dan akhirnya secara heroik bertarung dengan Megatron. Lagu Instruments of Destructions dianggap penulis blog sebagai lagu ideal untuk "Decepticons Theme Song". Sementara itu, cobalah melihat salah satu artwork box art mainan Transformers (lihat postingan sebelumnya) sambil mendengarkan single instrumental Autobot/Decepticons Battle atau dengarkan Transformers Theme dengan balutan musik hard rock. Singkat kata, setiap lagu yang terdapat pada album ini mengingatkan kembali dan membawa kita ke dunia Transformers the Movie.

Album ini pernah dirilis di Indonesia, di bawah Hin's Collections, yang pada masa 1980-an merilis album-album soundtrack anime dan tokusatsu pada masa itu dalam format kaset. Karena keterbatasan wawasan masa itu, album Transformers The Movie ini diperlakukan sebagaimana lagu-lagu untuk anak-anak dengan menambahkan bonus poster dan mainan.   

Album Transformers The Movie: The Original Motion Picture Soundtrack dapat diunduh pada link di bawah ini:
http://www.filestube.com/695e7924918445d903e9,g/TRNSFRM1985SNDTRK.html

untuk link MEGAUPLOAD:
http://www.megaupload.com/?d=7VK1A0FH

2 komentar: