Jumat, 09 Maret 2012

THE ART of TRANSFORMERS Part 2: Generation One Optimus Prime/ G1 Convoy Artworks for Toys' Boxarts

Tokoh Optimus Prime memang merupakan tokoh penting dalam dunia Transformers. Ia merupakan pemimpin dari kelompok Autobot. Sosok pemimpin ideal, seorang petarung handal dan sosok teman yang ideal bagi tokoh kartun 1980-an. Penggambaran sosok ini pun terlukis dalam sejumlah artwork untuk box mainan Transformers masa itu. 

Original Generation 1 Optimus Prime

Boxart pertama mainan Optimus Prime produksi 1984 dikerjakan oleh seorang seniman Amerika, ketika produk seri mainan Diaclone buatan Takara diadaptasi dan dibeli lisensinya oleh Hasbro. Penggambaran karakter Optimus Prime disesuaikan dengan bentuk fisik mainannya. Hal ini disebabkan karena pada versi Diaclone Takara, ilustrasi boxart dari Battle Convoy (nama asli Optimus Prime) menggunakan ilustrasi fotografi. Penggunaan gambar ilustrasi sebenarnya sudah dilakukan pada kemasan Diaclone untuk pasar Eropa. Gaya ilustrasi boxart pada kemasan Transformers sepertinya menyesuaikan diri dengan ilustrasi box art pada seri Diaclone selanjutnya.

Box Battle Convoy

Box Battle Convoy versi Eropa

Box Optimus Prime 1984

Di tahun 1985, Takara "membawa kembali" Transformers untuk "pulang" ke Jepang di bawah label Tatakae! Cho Robot Seimeitai! Transformers. Serial-nya pun kemudian didubbing ke dalam bahasa Jepang. Seri mainan-nya pun dirilis ulang. Optimus Prime kembali mendapatkan nama Convoy untuk pasar Jepang. Kemasannya pun mendapatkan ilustrasi yang sedikit berbeda, sehingga pemimpin Autobot (di Jepang di sebut juga sebagai Cybertron) ini terlihat tidak kaku walaupun penggambarannya di buat mirip.

Box C-01 Convoy 1985

Gambar Ilustrasi Convoy/Optimus Prime versi Jepang,
bandingkan dengan gambar di bawahnya




Pada tahun 1986, tokoh kesayangan kita semua ini akhirnya dimatikan dalam  film animasi Transformers The Movie, dan kemudian di hidupkan kembali di akhir season  ketiga serial animasinya.  Kemudian pada tahun 1988, dalam versi komik buatan Marvel, diceritakan tubuh Optimus Prime hancur dan kemudian mendapatkan tubuh baru dengan kekuatan Power Master dan lahirlah wujud baru dari Optimus Prime yaitu Power Master Optimus Prime. Hasbro pun kemudian merilis mainan Optimus Prime yang baru ini. Akan tetapi mainan ini berasal dari tokoh Super Ginrai, tokoh sentral dari anime  Transformers: Masterforce. Dan asal usul keduanya pun berbeda. Walaupun kemudian pada kemasan mainan keduanya, sepertinya Hasbro dan Takara menggunakan ilustrasi yang sama.

Gambar Ilustrasi
Power Master Optimus Prime / Super Ginrai

Box Power Master Optimus Prime 1988
Bandingkan dengan gambar di bawah


Box C-307 Godmaster-Super Ginrai 1988

Karakter Ginrai dalam Masterforce pun mendapatkan bentuk upgrade yaitu God Ginrai. God Ginrai merupakan bentuk kombinasi antara Super Ginrai dengan Godbomber. Gambar Ilustrasi God Ginrai seakan menutupi keterbatasan artikulasi dari mainan karakter tersebut. Bahkan wujudnya terlihat lebih keren dari pada yang terlihat di anime. Belakangan di tahun 2003, ketika Hasbro merilis Comerative Series seri kedua, God Ginrai dikemas ulang menjadi Power Master Optimus Prime with Apex Armor dengan menggunakan ilustrasi yang sama dengan C-310 God Ginrai.

Gambar ilustrasi
God Ginrai / Power Mater Optimus Prime
with Apex Armor

Box C-310 God Ginrai

Box Transformers Comerative II
Power Master Optimus Prime
with Apex Armor 2003


Di Tahun 1989, popularitas Transformers agak tergeser dengan keberadaan action figure lain seperti G.I.Joe dan mainan lain seperti Micro Machine yang berwujud lebih kecil namun menarik. Hasbro sepertinya terbawa arus sehingga mengeluarkan lini baru untuk Transformers yaitu Action Masters. Action Masters memiliki latar belakang cerita (yang dibuat sendiri oleh Hasbro) yang aneh untuk dunia Transformers yaitu, para Transformers kehilangan kemampuan mereka untuk berubah bentuk dan mereka memanfaatkan energi baru serta membangun persenjataan baru. Persenjataan itu tentu saja kendaraan tempur yang bisa berubah. Walaupun demikian, pada ilustrasi kemasannya, sosok Optimus Prime digambarkan lebih mirip dengan versi originalnya. Hanya saja sekarang ia mengendarai sebuah Truk Trailer!

Ilustrasi Action Master Optimus Prime

Ilustrasi untuk Box Armored Convoy Optimus Prime
Cukup mengganggu memang melihat gambar Optimus Prime
mengendarai truk ini.
Bukannya Optimus Prime sendiri adalah sebuah truk?

Box Transformers Action Masters: Optimus Prime
with Armored Convoy.
Ini pasti joke dari Hasbro,
bukankah Optimus Prime = Convoy?


Sementara itu di Jepang, karakter Convoy berevolusi lebih jauh dari yang dibayangan oleh fans Optimus Prime di Amerika. Di Jepang Convoy diceritakan mengalami kematian hingga dua kali (kematian keduanya di awal seri Transformers: Headmasters). Ketika kisah Transformers sudah lagi tidak dibuatkan seri anime-nya. Takara membuat cerita lanjutan dari Transformers di majalah Terebi Magzine dan Bon-bon Comics. Salah satu kisahnya berjudul Transformers: Battle Stars. Dalam cerita itu dikisahkan bahwa Convoy dihidupkan kembali menggunakan energi baru dan berinkarnasi menjadi Star Convoy. Inilah penggambaran klimaks karakter Convoy dalam Generation 1 universe versi Jepang. 

Ilustrasi Star Convoy

Box C-372 Star Convoy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar