Rabu, 28 Desember 2011

THE ART of TRANSFORMERS Part 1: Toy's Box Art

Bagi penulis blog, Transformers bukan hanya sekedar produk mainan, animasi ataupun franchise film layar lebar yang terkenal, lebih dari itu, Transformers merupakan sebuah karya seni. Ya, Transformers memang merupakan karya seni dan desain kontemporer. Alasan penulis mengemukakan pendapat ini bukan tanpa alasan atau berdasarkan pandangan subyektif belaka, hal ini didasari pada bagaimana para konseptor dari Transformers membuat sebuah produk mainan dimana sebuah kendaraan atau gadget yang berubah menjadi sosok robot-robot keren (bagi yang belum mengetahui informasi ini, Transformers memang lahir dari produk mainan terlebih dahulu di awal era 1980-an). Tentu saja yang harus mendapatkan acugan jempol adalah para desainer mainan yang menciptakan para robot in diaguise ini. Mereka harus menuangkan imajinasi yang mereka miliki untuk mewujudkan sosok robot yang mampu berubah menjadi kendaraan dan benda-benda (atau makhluk hidup) yang ada di sekitar kita dengan sempurna, dan ini bukanlah hal yang mudah karena melibatkan riset dan percobaan.

Ketika produk Transformers dipasarkan, sebuah karya seni lainnya diperlukan yaitu gambar ilustrasi. Para ilustrator juga dituntut untuk menuangkan imajinasi mereka dalam menggambarkan bagaimana para robot Transformers berinteraksi satu sama lain dalam pertempuran antar robot yang cukup seru dan bisa dicerna oleh pikiran anak-anak. Penulis memiliki kekaguman atas gambar-gambar ilustrasi yang dibuat untuk kemasan box mainan Transformers yang beredar di tahun 1980-an. Semuanya dikerjakan secara manual dengan menggunakan cat dan kuas. Pertempuran yang digambarkan begitu seru, semua tokohnya digambar berdasarkan produk mainannya, selain itu daya tarik lain adalah adanya beberapa karakter robot yang digambarkan memperlihatkan proses perubahan wujud mereka. Semuanya digambarkan secara detail.
Berikut ini adalah ilustrasi dari kemasan box dari produk mainan Transformers dari tahun 1984 hingga 1987:

1984 Box Art
Inilah ilustrasi pertempuran para Transformers di tahun 1984. Wujud para tokohnya diambil langsung dari produk mainannya, sehingga beberapa karakter tampak kaku. Dari komposisi karkter dan warna latar belakang yang dikontraskan, kita sudah dapat menentukan mana jagoan dan mana lawan secara sekilas. Karakter Optimus Prime sebagai tokoh utama ditonjolkan di sini.

1985 Box Art

Ilustrasi box art di tahun 1985. Pertempuran digambarkan terasa lebih seru dan detail tiap karakternya juga memukau. Fokus karakter ada pada para Dinobot dan Devastator, karakter favorit fans Transformers pada masa itu. 

1986 Box Art
Ilustrasi box art 1986, tokoh Metroplex sebagai Autobot base menjadi fokus utama dan dikelilingi oleh sejumlah karakter-karakter baru yang dimunculkan pada masa itu. Beberapa diantaranya adalah tokoh-tokoh dari film Transformers The Movie, yang dirilis pada tahun yang sama.

1987 Box Art


Ilustrasi box art produk Transformers di tahun 1987. Tokoh-tokohnya diambil dari versi anime Transformers:Headmasters dan sejumlah tokoh baru dari season 4 animasi Transformers di Amerika dan juga beberapa tokoh dari komik Transformers produksi Marvel Comics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar