Rabu, 25 April 2012

My Artworks at STORY no.33


Majalah STORY Teenlit Magazine edisi 33 akhirnya terbit juga. Kali ini penulis blog sekaligus ilustrator untuk majalah STORY kembali menampilkan karya ilustrasi dan sinopsis dari cerpen yang dilustrasikan. Mulai saat ini, ilustrasi alternatif baik yang digunakan ataupun tidak digunakan dalam ilustrasi akan ditampilkan di blog tercinta ini.

PLANTAE BANGSAKU


"...seharusnya kami yang jadi raja di planet ini, 
bukan bangsa manusia yang tidak pernah memberi manfaat..."

Nun jauh dari galaksi kita, terdapat sebuah planet yang disebut sebagai planet bernama Biotic yang keadaannya sangat mirip dengan bumi. Penduduk planet Biotic ini terbagi atas tiga bangsa besar yaitu Plantae, Animalia dan Humania. Bangsa Plantae merasa bahwa mereka selama ini dieksploitasi secara besar-besaran dan diperlakukan semena-mena oleh bangsa Humania. Akhirnya, karena tidak tahan dengan penindasan oleh bangsa Humania, bangsa Plantae memutuskan untuk melakukan sebuah pemberontakan agar bangsa Plantae bisa berkuasa di planet Biotic.


Mita Mutia Rahman, sang penulis mencoba menggambarkan sebuah metafora dan sindiran di sini. Melalui tokoh Pterocarpus Indicia, kita diajak untuk menyelami bagaimana kita selaku manusia telah menjajah dan mengeksploitasi bumi dengan rakus, sekaligus mengajak kita untuk melihat dari sudut pandang tumbuhan. Sebuah kampanye Go Green dalam balutan cerpen bergenre fantasi yang layak disimak.

JUBAH METAMATERIAL


Apa yang kamu inginkan apabila mengenakan pakaian yang dapat membuatmu tak terlihat layaknya invisible woman ataupun hollowman? Tanyakanlah perasaan tersebut pada Farel. Alih-alih menjaga penemuan kakeknya, Farel malah mengenakannya untuk memikat hati Virna, pujaan hatinya? Apakah yang terjadi dan apakah keistimewaan jubah metamaterial lainnya?


Kisah science fiction yang mengangkat keisengan manusia apabila mendapatkan kemampuan yang tidak dapat dinalarnya ini dibuat oleh seorang guru fisika asal Klaten bernama ibu Dwi Yulianti. Bu, saya mau bertanya rumus fisika apa yang digunakan sebagai prinsip dasar jubah metamaterial ini? Ups...just kidding...

3 komentar:

  1. di daerahku masih susah buat nemuin story, mesti nunggu 2-4harian setelah tanggal terbit baru ada..

    BalasHapus